CSS

Search This Blog

Memuat...

Jumat, 17 Juni 2011

10 Buah - buahan yang Paling Enak di Dunia

Orang Barat Bilang, Ke-10 Buah - buahan Ini Adalah yang Paling Enak di Dunia



1. Ugli

Ugli adalah campuran antara grapefruit (jeruk gedhe banget yang mirip dengan jeruk bali) dan jeruk manis yang hanya dapat ditemui di Jamaika. Penampilannya memang tidak menarik sama sekali, tapi ternyata rasanya sangat manis dan segar, O ya.. buah ini adalah satu-satunya buah yang dimulai dengan huruf U dalam bahasa Inggris.

2. Langsat

Ternyata bahasa Inggris, nama buah ini tetap tidak berubah. Buah ini tentunya anda inget dengan rasa manis dan asam yang selalu mengejutkan dan menyegarkan. Buah ini ternyata sampai pernah diusahakan tumbuh di Hawaii pada awal 1900an, tapi tetap tidak dapat berhasil.

3. Srikaya.

Buah yang dalam bahasa Inggris disebut Sugar Apple, dengan daging buah putih, dengan penampilan seperti raspberry raksasa. Buah ini ternyata lebih dikenal sebagai buah dari Thailand daripada dari Indonesia. Dalam bahasa Thailand, buah ini disebut Noi-Na. Menurut lidah orang bule, buah ini disebut luar biasa manis dan aromatik.

4. Jambu Merah.

Entah kenapa buah ini sekarang jadi dikenal dengan nama Guava, yang sebenarnya adalah nama dalam bahasa Inggris. Kita patut berbangga, bahwa ternyata buah ini adalah salah satu buah 'super sehat', karena mengandung sejumlah besar vitamin A dan C, Omega 3 dan 6 asam lemak tidak jenuh, serat yang tinggi, tapi rasanya tetap enak. Menurut dunia kulnier barat, Jambu Merah ini sangat sangat wangi. Walaupun memang biji yang yang luar biasa jumlahnya (antara 112 sampai 535 butir dalam 1 buah), tetap saja, buah ini sangat nikmat.

5. Salak

Buah asli Indonesia (dan tetangga tentunya) ini dikenal dengan nama Snake Fruit karena kulitnya yang mirip dengan sisik ular. Tentunya tidak perlu diingatkan akan adanya biji keras yang bisa merontokkan gigi kita di dalam buahnya, tapi tidak dengan orang bule, karena buah ini sangat jarang mereka temui. Menurut lidah mereka, buah ini manis dan asam dengan berbagai tingkat kerenyahan, mulai dari renyah sekali sampai ke buah yang lembut dan berair.

6. Sirsak.

Julukan dalam bahasa Inggris terhadap buah yang masamnya luar biasa ini adalah Soursop atau Guanabana. Biji yang besar-besar dan banyak sekali membuat buah ni lumayan sulit dinikmati, tapi jika anda bisa menikmatinya, ternyata rasa buah ini ternyata dianggap sebagai gabungan antara strawberry dan nenas (buat orang bule)Buah super masam ini ternyata banyak sekali mengandung vitamin C, B1 dan B2, dan banyak dinikmati oleh orang Amerika Selatan sebagai bahan es krim bahkan soda rasa sirsak cukup populer disana.

7. Sawo.

Pernah mendengar nama Lamut? Mungkin Sapodilla? Dua nama ini ternyata adalah nama buat buah Sawo kita. Banyak orang di dunia barat membandingkan manisnya buah ini dengan karamel atau dengan kembang gula. Hati-hati memakan buah ini, karena jika bijinya tertelan, sering nakal dan nyangkut di leher Anda! Keunikan buah ini adalah tidak akan pernah matang dipohon, harus dipetik dulu, barulah dia akan matang.

8. Sawo Manila.

Dalam dunia kuliner internasional, buah ini dikenal dengan nama Santol. Buah ini ternyata sangat terkenal di Eropa dan Amerika saking manisnya, dan sering digunakan sebagai bahan selai karena memang buah ini cepat sekali rusak jika tidak ditangani dengan baik dan sangat berhati-hati.

9. Asam Manis.

Bukan nama jamu lho! Tapi buah asam ini memang tidak asam sama sekali, bahkan cukup manis. Buah ini tumbuh subur dan berkembang biak dengan baik di Thailand. Di Thailand buah ini biasa ditemui sebagai cemilan dan bahkan ada yang cukup berani untuk memakannya dengan nasi sebagai lauk.

10. Jambu Air.

Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut Rose Apple, atau ternyata dikenal di pasar Amerika sebagai champoo, disebut sebagai buah eksotis paling menarik di dunia. Menurut lidah orang bule, buah ini memiliki bau dan rasa seperti mawar. Buah ini sulit didapat di Eropa dan Amerika karena cepat rusak. Buah ini menurut orang bule adalah buah yang renyah dengan rasa yang nikmat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar